Sunday, December 5, 2010

Anemia Pada Ibu Hamil

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Permasalahan
Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih merupakan masalah yangmenjadi prioritas di bidang kesehatan, hal ini dibuktikan berdasarkan data dariOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO) setiap tahunnya sekitar 14.180 perempuanIndonesia meninggal karena hamil dan melahirkan. Sedangkan di dunia mencapailebih dari 500 ribu orang. Tingkat kesehatan ibu di Indonesia sampai saat initergolong rendah, dimana Kondisi inilah yang menjadi salah satu penyebab utamakematian ibu, salah satu penyebabnya adalah kejadian anemia yaitu 51% dariseluruh ibu hamil. Sementara risiko kekurangan energi kronis atau kurang gizimencapai angka 30%, menderita penyakit seperti malaria, hipertensi, tuberkulosis(Tb) maupun HIV/AIDS, kualitas pelayanan kesehatan. Penyebab langsungkematian ibu adalah trias perdarahan, infeksi, dan keracunan kehamilan.Penyebab kematian tersebut tidak dapat sepenuhnya dimengerti tanpamemperhatikan latar belakang (underlying factor), bersifat medik maupun nonmedik. Diantara faktor non medik adalah keadaan kesejahteraan ekonomikeluarga, pendidikan ibu, lingkungan hidup, perilaku, dan  lain-lain. ibu(Sarwono, 2005).

Prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia adalah 70%, atau 7 dari 10wanita hamil menderita anemia. Pada trimester pertama kehamilan, zat besi yang dibutuhkan sedikit karena tidak terjadi menstruasi dan pertumbuhan janin masih lambat. Pada trimester kedua hingga ketiga (usia kehamilan 24 minggu sampai 40 minggu) volume darah dalam tubuh wanita akan meningkat sampai 35%, ini ekuivalen dengan 450 mg zat besi untuk memproduksi sel-sel darah merah. Sel darah merah harus mengangkut oksigen lebih banyak untuk janin. Sedangkan saat melahirkan, perlu tambahan besi 300 - 350 mg akibat kehilangan darah. Sampai saat melahirkan, wanita hamil butuh zat besi sekitar 40 mg per hari atau dua kali lipat kebutuhan kondisi tidak hamil. Pada banyak wanita hamil, anemia gizi besi disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak memenuhi syarat gizi dan kebutuhan yang meningkat. Selain itu,kehamilan berulang dalam waktu singka(Yuliansyah, 2009).
Pada wanita hamil, anemia meningkatkan frekuensi komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Risiko kematian maternal, angka prematuritas, berat badan bayi lahir rendah, dan angka kematian perinatal meningkat. Di samping itu, perdarahan antepartum dan postpartum lebih sering dijumpai pada wanita yang anemis dan lebih sering berakibat fatal, sebab wanita yang anemis tidak dapat mentolerir kehilangan darah. Soeprono (1998) menyebutkan bahwa dampak anemia pada kehamilan bervariasi  dari keluhan yang sangat ringan hingga terjadinya gangguan kelangsungan kehamilan  (abortus, partus imatur/prematur), gangguan proses persalinan (inertia, atonia uterus, partus lama, trias perdarahan), gangguan pada masa nifas (sub involusi rahim, daya tahan terhadap infeksi dan stres kurang, produksi ASI rendah),  dan gangguan pada janin (abortus, dismaturitas, mikrosomi, BBLR (berat badan lahir rendah), kematian perinatal). Salah satu penyebab kematian ibu akibat anemia atau defisiensi zat besi (Fe) dalam tubuh pada ibu hamil karena perdarahan menahun atau berulang yang terjadi di semua bagian tubuh. Terjadinya anemia pada ibu hamil disebabkan salah satunya asupan gizi pada saat hamil, dimana asupan gizi pada saat hamil berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan zat besi, terutama terjadi pada trimester II dan III karena pada ini terjadi peningkatan ekspansi massa sel darah merah, maka kebutuhan akan zat besi bertambah, sedangkan ibu hamil tidak menyadari hal ini akan berdampak pada terjadinya anemia. Selain itu faktor resiko defisiensi zat besi (Fe) terjadi pada ibu hamil  karena cadangan besi dalam tubuh lebih sedikit sedangkan kebutuhannya lebih tinggi  yaitu antara 1-2 mg zat besi (Fe) secara normal. Anemia juga dapat menyebabkan seorang ibu melahirkan berat bayi lahir rendah (BBLR) dan anemia pada bayi yang dilahirkan (Muryanti, 2006). Berdasarkan hasil penelitian Edwi Saraswati, dkk, menemukan bahwa anemia pada batas 11 gr/dl bukan merupakan resiko untuk melahirkan BBLR. Hal ini mungkin karena belum berpengaruh terhadap fungsi hormon maupun fisiologis ibu hamil (Soeprono, 1998). 
Faktor yang mempengaruhi terjadinya anemia pada ibu hamil yaitu mengalami status gizi, yang  sering terjadi pada ibu hamil trimester III pada dasarnya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya asupan makan selama kehamilan, yang berlangsung secara terus menerus yang menyebabkan terjadinya status gizi  yang kurang yang berdampak pada terjadinya anemia selama kehamilan. Kurangnya pengetahuan ibu hamil trimester III tentang asupan gizi selama kehamilan, dimana berpengaruh pula pada perilaku dalam hal menyiapkan makanan yang baik dan tepat sesuai kebutuhan ibu selama kehamilannya (Soekirman, 1999). Kurangnya pemanfaatan ANC pada ibu hamil sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya anemia karena ibu hamil tidak terpantau dengan baik status gizinya dan kadar Hbnya. Berdasarkan data DINKES (Dinas Kesehatan) Kabupaten Blora diketahui bahwa ibu hamil yang mengalami anemia tahun 2007 berkisar 29,5% dengan menetapkan HB 11 gr % sebagai dasarnya. Pada tahun 2008 angka kejadian anemia pada ibu hamil meningkat yaitu menjadi 33,5% dengan penetapan Hb 11 gr % sebagai dasarnya (Dinkes Kabupaten Blora, 2009). Sedangkan data di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora diketahui bahwa pada bulan Januari- Februari 2009 terdapat 431 orang ibu hamil, dimana yang mempunyai anemia sebanyak 21 orang. Berdasarkan hasil wawancara dengan 10 orang ibu hamil yang mengalami anemia sebanyak 6 orang (60%) dan 4 orang (40%) tidak megalami anemia. Terjadinya anemia pada ibu hamil dimungkinkan karena pada saat kehamilan salah satunya yaitu ibu hamil mengalami masalah gizi yaitu status gizi KEK yang  disebabkan asupan makan yang kurangnya, sehingga cadangan zat besi dalam tubuh berkurang, kurangnya pemanfaatan perawatan selama kehamilan atau ANC (Ante Natal Care) pada ibu selama kehamilan berlangsung yang mempengaruhi  terjadinya anemia pada  ibu hamil tidak terpantau dengan baik status gizinya dan kadar Hbnya. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai hubungan status gizi dengan anemia pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora. 
 B.  Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dipaparkan, maka penulis merumuskan masalah penelitian tentang adakah hubungan status gizi dengan
anemia pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora.
 C.  Tujuan Penelitian 
1.  Tujuan Umum 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan anemia pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora.  
2.  Tujuan Khusus
a.  Menggambarkan status gizi pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora. b.  Menggambarkan anemia pada ibu hamil trimester IIIdi wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora.
c.  Menganalisis hubungan status gizi dengan anemia pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora.

D.  Manfaat Penelitian
1.  Bagi Pengembangan Masyarakat 
Hasil penelitian dapat dijadikan bahan pustaka untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang manfaat gizi seimbang pada ibu hamil dalam hubungannya dengan kejadian anemia. 
2.  Bagi Profesi Keperawatan
Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang paripurna khususnya bagi ibu hamil dalam mengembangkan kemampuan dan ketrampilan untuk menurunkan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III melalui kecukupan gizi ibu hamil.
3.  Bagi Program Kesehatan Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pikiran khususnya dalam menjalankan dan merencanakan rumusan program peningkatan asupan makan yang tepat pada ibu hamil sebagai upaya pencegahan terjadinya anemia dalam keperawatan maternitas. 
 4.  Bagi Institusi Kesehatan
Hasil penelitian ini dimungkinkan dapat menjadi salah satu acuan bagi penelitian berikutnya yang melakukan penelitian sejenis dan dengan variabel yang lebih kompleks mengenai asupan gizi pada ibu hamil sebagai salah satu indikator terjadinya anemia pada ibu hamil dalam keperawatan maternitas.
 E.  Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini termasuk dalam bidang ilmu kesehatan keperawatan maternitas.













BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


A.  Anemia pada ibu hamil 
1.  Pengertian  Anemia
             Anemia adalah tingkat kekurangan zat besi yang paling berat dan terjadi bila konsentrasi hemoglobin (Hb) jauh dibawah ambang batas yang ditentukan. Anemia adalah kondisi ibu dengan kadar (Hb) dalam darahnya kurang dari 12 gr%. Sedangkan anemia dalam kehamilan adalah kondisi ibu dengan kadar Hb di bawah 11 gr% pada trimester I dan trimester II (Muryanti, 2006). 
Anemia dalam kehamilan yang disebabkan karena kekurangan zat gizi, jenis pengobatannya relatif mudah bahkan murah. Kurangnya zat besi (Fe) dalam tubuh pada ibu hamil karena perdarahan menahun atau berulang di semua bagian tubuh. Faktor resiko defisiensi zat besi (Fe) terjadi pada ibu hamil karena cadangan besi dalam tubuh lebih sedikit sedangkan kebutuhannya lebih tinggi yaitu antara  1-2 mg zat besi (Fe) secara normal (Muryanti, 2006). 
2.  Klasifikasi anemia dalam kehamilan 
Menurut Mochtar (1998) klasifikasi anemia dalam kehamilan adalah sebagai berikut: a.  Anemia defisiensi besi Adalah anemia yang terjadi akibat kekurangan zat besi dalam darah. Pengobatannya yaitu bagi wanita hamil, tidak hamil dan dalam laktasi yang memerlukan asupan zat besi dianjurkan untuk diberikan  tablet besi. Untuk menegakkan diagnosa anemia defisiensi besi dapat dilakukan dengan anamnesa. Kebutuhan zat besi pada wanita hamil yaitu rata-rata mendekati 800 mg. 


b.  Anemia megaloblastik 
Adalah anemia yang disebabkan  oleh karena kekurangan asam folik, jarang sekali karena kekurangan vitamin B 
c.  Anemia Hipoplastik 
Adalah anemia yang disebabkan oleh hipofungsi sumsum tulang, membentuk sel darah merah baru. Untuk diagnostik diperlukan pemeriksaan diantaranya darah tepi lengkap, pemeriksaan fungsi ekternal dan pemeriksaan retikulasi. 
d.  Anemia hemolitik 
Adalah anemia yang disebabkan oleh penghancuran atau pemecahan sel darah merah yang lebih cepat pembuatannya. Gejala utama dengan kelainan gambaran darah, kelelahan, kelemahan serta gejala komplikasi bila terjadi kelainan pada organ-organ vital. 
 3.  Kebutuhan zat besi pada ibu hamil
a.  Zat besi 
Zat besi merupakan bagian dari molekul hemoglobin, ketika tubuh kekurangan zat besi (Fe), produksi hemoglobin akan menurun. Penurunan hemoglobin sebetulnya akan terjadi  jika cadangan zat besi (Fe) dalam tubuh sudah benar-benar habis. Kebutuhan zat besi (Fe) pada ibu hamil terjadi peningkatan, dimana asupan  kurang atau rendah, sehingga tidak mencukupi tingkat yang dibutuhkan yang menimbulkan anemia (Soeprono, 1998). 
Kebutuhan Fe pada ibu hamil yaitu dianjurkan kombinasi 60 mg besi dan 50 nanogram asam folat untuk profilaksis anemia (Manuaba, 2001). Kebutuhan zat besi pada wanita hamil yaitu rata-rata mendekati 800 mg.  Kebutuhan ini terdiri dari sekitar 300 mg diperlukan untuk janin dan plasenta serta 500 mg lagi digunakan untuk meningkatkan massa maternal. Selama kehamilan dengan perhitungan 288 hari ibu hamil akan menghasilkan zat besi sebanyak 100 mg sehingga kebutuhan zat besi masih kekurangan untuk wanita hamil (Manuaba, 2001).
Faktor resiko terjadinya anemia akibat dari kekurangan zat besi (Fe) lebih banyak pada wanita dibandingkan laki-laki. Cadangan besi dalam tubuh wanita lebih sedikit sedangkan kebutuhan per harinya justru lebih tinggi. Seorang wanita dalam sehari  akan kehilangan sekitar 1-2 mg zat besi melalui ekskresi secara normal. Pada saat haid, kehilangan zat besi bisa bertambah hingga 1 mg (Soeprono, 1998). 
b.  Mengkonsumsi tablet  zat besi (Fe)
Tablet zat besi (Fe) adalah tablet untuk suplementasi penanggulangan anemia gizi yang setiap tablet mengandung fero sulfat 200 mg atau setara 60 mg besi  elemental dan 0.25 mg asam folat. Pelayanan pada ibu hamil baik pada K1 maupun K4 ibu hamil akan dibekali dengan tablet zat besi (Wasito, 1998).  Konsumsi suplemen zat besi (Fe) sebaiknya dilakukan secara hati-hati sesuai dengan dosis yang dianjurkan, karena asupan zat besi (Fe) secara berlebihan tidak dibenarkan tetapi dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Mengkonsumsi suplemen zat besi (Fe) dapat menimbulkan mual, nyeri lambung, konstipasi, ataupun diare sebagai efek sampingnya. Untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi setengah dosis yang ditingkatkan secara berlahan-lahan sampai mencapai dosis yang dianjurkan (Depkes, 1998). 
4.  Efek anemia pada ibu hamil
a.  Efek anemia pada  ibu hamil  yaitu sebagai berikut : 
1)  Trimester I :  anemia dapat mengakibatkan abortus, missed abortus dan kelainan kongenital
2)  Trimester II : mengakibatkan persalinan prematur, perdarahan antepartum, gangguan pertumbuhan janin dalam rahim,  asfiksia aintrauterin sampai kematian, berat badan bayi lahir rendah, gestosis dan mudah terkena infeksi, IQ rendah dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.
3)  Trimester III : merupakan saat inpartu anemia dapat menimbulkan gangguan his baik primer maupun sekunder. Janin akan lahir dengan anemia dan persalinan dengan tindakan yang disebabkan karena ibu cepat lelah. Setelah post partum anemia dapat menyebabkan  atonia uteri,  tensio placenta, perlukaan sukar sembuh, mudah terjadi  febris puerpurolis dan gangguan involusio uteri. 
b.  Akibat kekurangan zat besi (Fe) Pada ibu hamil yaitu sebagai berikut : 
1)  Anemia Gizi 
Anemia gizi adalah kekurangan  kadar (Hb) dalam darah yang disebabkan karena kekurangan zat besi yang (Fe) diperlukan untuk pembentukan  haemoglobin. Sebagian besar anemia terjadi pada ibu hamil karena kekurangan zat besi (Fe) yang disebut anemia kekurangan zat besi atau anemia gizi besi (Muryanti, 2006). Anemia gizi besi dapat terjadi  karena kandungan zat besi (Fe) yang berasal dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil tidak mencukupi kebutuhan dimana makanan yang kaya akan kandungan zat besi (Fe) seperti makanan sumber hewani (daging, ikan) serta makanan yang mengandung sumber nabati (sayuran hijau), serta meningkatnya kebutuhan tubuh akan zat besi (Fe) yaitu pada masa hamil. Kebutuhan zat besi (Fe)  meningkat karena zat besi (Fe) diperlukan untuk pertumbuhan janin serta untuk kebutuhan ibu sendiri
(Depkes, 1998). 
2)  Anemia defisiensi zat besi (Fe)
Anemia defisiensi zat besi (Fe) merupakan anemia yang terjadikarena kebutuhan zat besi (Fe) untuk  erithopoetic  tidak cukup, biasanya ditandai dengan  eritrosit mikrositik, kadar besi serum rendah, satu rasi transferin mengurang dan tidak adanya zat besi (Fe) pada sumsum tulang dan tempat cadangan zat besi (Fe) yang lain. Pemeriksaan dan pengawasan  haemoglobin dapat dilakukan dengan menggunakan alat  Sahli. Berkurangnya kadar  haemoglobin pada wanita hamil menurut WHO adalah, normal (11 gr%), anemia ringan (10-11 gr%), anemia sedang (7-0  gr%), anemia berat (<7 gr%) (De Meyer, 1995). 
Pada ibu hamil jika terjadi anemia defisiensi zat besi (Fe) dapat menimbulkan perdarahan sebelum atau saat persalinan, meningkatnya risiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR <2,5 kg). Pada anemia berat, bahkan dapat menyebabkan kematian ibu atau bayinya, untuk itu dibutuhkan suatu penangganan defisiensi zat besi (Fe) melalui pencegahan dengan memberikan tablet zat besi (Fe) pada ibu hamil yang dibagikan pada waktu memeriksakan kehamilan, dimana suplemen tablet besi (Fe) merupakan salah satu cara yang paling efektif meningkatkan kadar zat besi (Fe) dalam jangka pendek (BPS, 2005). 
5.  Kadar Hemoglobin
a.  Pengertian 
Hemoglobin adalah protein majemuk yang tersusun atas protein sederhana yaitu globin dan radikal prostetik yang berwarna, yang disebut heme. Protein ini terdapat dalam  butir-butir darah merah dan dapat dipisahkan daripadanya dengan cara pemusingan. Berat molekulnya yang ditentukan dengan ultrasentrifuge  sebesar 68.000, merupakan protein pertama yang diperoleh dalam bentuk hablur (Manuaba, 2001). Hemoglobin merupakan protein pembawa oksigen dalam darah. Tiap liter darah mengandung kira-kira 150 gr  hemoglobin. Kadar hemoglobin adalah jumlah K3Fe (CN)6 akan diubah menjadi methemoglobin yang kemudian diubah menjadi hemoglobin sianida (HiCN) oleh KCN dengan batas ambang berat bila Hb < 8 gr/dl, anemia ringan jika Hb > 8 – 11 gr/dl dan normal pada ibu hamil Hb > 11 gr/dl (Manuaba, 2001). Kadar hemoglobin pada darah dikatakan anemia apabila kadar Hb dasar pada pria <13 gr/%, wanita  < 12 gr/% dan pada ibu hamil < 11 gr/%.       Gangguan medis yang paling umum ditemui pada masa hamil, mempengaruhi sekurang – kurangnya 20% wanita hamil. Wanita hamil memiliki insiden komplikasi puerperal yang lebih tinggi, dari pada wanita hamil dengan nilai hematology normal. Dikatakan anemia bila kadar Hb pada wanita hamil trimester I < 11 gr/dl, trimester  II < 10,5 gr/dl dan
trimester III < 10 gr/dl (Mansjoer, 2000).
Kadar Hb ibu hamil terjadi jika produksi sel darah merah meningkat, nilai normal hemoglobin (12 sampai 16 gr/%) dan nilai normal hematokrit (37% sampai 47%) menurun secara menyolok. Penurunan lebih jelas terlihat selama trimester kedua, saat terjadi ekspansi volume darah yang cepat. Apabila nilai hematokrit turun sampai 35% atau lebih, wanita dalam keadaan anemia (Husaini, 1999). Bertambahnya darah dalam kehamilan sudah mulai sejak kehamilan umur 10 minggu dan mencapai puncaknya dalam kehamilan antara 32 dan 36 minggu. Dari kehamilan 8 minggu sampai 40 hari postpartum, kadar Hb, jumlah eritrosit dan nilai hematokrit, ketiganya turun sehingga kehamilan sampai 7 hari postpartum. Setelah itu ketiga nilai meningkat pada dan pada 40 hari postpartum mencapai angka yang kira-kira sama dengan diluar kehamilan. Batas terendah untuk kadar Hb dalam kehamilan nilai 10 gr/dl, bila kurang dari itu disebut anemia dalam kehamilan. Menurut klasifikasi  WHO kadar Hb untuk ibu hamil ditetapkan menjadi tiga kategori yaitu Normal  (> 11 gr/%), anemia ringan (8-11 gr/%) dan anemia berat (< 8 gr/% ) (Husaini, 1999). 
6.  Mengukur kadar Hb 
Untuk mengetahui status gizi ibu hamil dengan mengukur kadar Hb dalam darahnya, bila kurang dari 11 gr% maka ibu hamil tergolong anemia. Hal ini juga menyebabkan gangguan nutrisi yang salah satunya berakibat berat bayi yang dilahirkan kurang  dari normal (Polarto, 1999)
 Pada pemeriksaan dan pengawasan  haemoglobin dapat dilakukan dengan
mengunakan metode sachli yang dilakukan minimal 2 kali selama kehamilan yaitu trimester I dan trimester III. Hasil pemeriksaan Hb dengan sachli dapat digolongkan  sebagai berikut  (Manuaba, 2001) :  a)  Hb 11 gr% :  tidak anemia,  b)  Hb 9-10gr% :  anemia ringan, c)  Hb < 9 gr%.:  anemia  Hb < 7 gr%.
7.  Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya anemia pada  ibu hamil
a.  Umur
Umur adalah usia ibu yang secara garis besar menjadi indikator dalam kedewasaan pada setiap pengalamannya. Umur sangat berpengaruh pada kepatuhan ibu mengkonsumsi tablet Fe (zat besi),  dimana semakin muda umur yang ibu  hamil maka dapat menyebabkan ketidaksiapan ibu dalam menerima sebuah kehamilan yang berdampak pada terjadinya gangguan selama kehamilan misalnya akan terjadi anemia (Nasoetion, 1998).
seorang perempuan dapat mempengaruhi emosi selama kehamilannya. Usia antara 20-30 tahun merupakan periode yang paling aman untuk melahirkan. Sebab pada usia tersebut fungsi alat reproduksi dalam keadaan optimal. Sedangkan pada umur kurang dari 20 tahun kondisi masih dalam pertumbuhan, sehingga masukan makanan banyak dipakai untuk ibu yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan janin. Di negara berkembang sekitar 10-20% bayi dilahirkan dari ibu dengan usia remaja (Prawirohardjo, 1999).
b.  Pendidikan
Tingkat rendahnya pendidikan erat kaitannya dengan tingkat pengertian tentang zat besi (Fe) serta kesadarannya terhadap konsumsi tablet zat besi (Fe) untuk ibu hamil. Keadaan defisiensi zat besi (Fe) pada ibu hamil sangat ditentukan oleh banyak faktor antara lain tingkat pendidikan ibu hamil. Tingkat pendidikan ibu hamil yang rendah mempengaruhi penerimaan informasi sehingga pengetahuan tentang zat besi (Fe) menjadi terbatas dan berdampak pada terjadinya defisiensi zat besi (Nasoetion, 1998).
 c.  Pekerjaan 
Banyak ibu-ibu bekerja mencari  nafkah, baik untuk kepentingan sendiri maupun keluarga. Faktor bekerja saja nampak belum berperan sebagai timbulnya suatu masalah pada ibu hamil, tetapi kondisi kerja yang menonjol, aktifitas yang berlebih dan  kurangnya istirahat saat bekerja berpengaruh pada kurangnya zat besi. Selain itu penyediaan makanan dari perusahaan tempat ibu hamil bekerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi ibu hamil akan berisiko kekurangan anemia gizi, jika hal ini terjadi dalam waktu panjang (Depkes, 2002) 
d.  Pendapatan 
Pendapatan merupakan faktor yang paling menentukan kuantitas maupun kualitas makanan sehingga  ada hubungan yang erat antara pendapatan dengan kepatuhan mengkonsumsi tablet zat besi (Fe) pada ibu hamil. Pendapatan yang kurang dapat mempengaruhi daya beli ibu hamil dalam membeli bahan makanan yang dibutuhkan selama kehamilan, Hal ini berdampak pada asupan makan yang kurang dan berisiko terjadinya anemia gizi selama kehamilan (Berg, 1996).
e.  Pengetahuan Ibu Hamil 
Pengetahuan merupakan hasil dari akibat proses penginderaan terhadap suatu obyek baik meliputi penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. Pengetahuan merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang atau terbentuknya praktek. Karena dari pengalaman dan penelitian ternyata perilaku yang didasari oleh pengetahuan akan lebih langgeng dari  pada perilaku yang tidak didasari oleh pengetahuan.  Pengukuran pengetahuan dapat  dilakukan melalui wawancara dengan alat bantu kuisioner yang menanyakan tentang isi materi yang ingin diukur dari subyek penelitian atau responden. Kedalaman pengetahuan yang ingin kita ketahui atau kita ukur dapat kita sesuaikan dengan tingkatan-tingkatan (Notoatmodjo, 2002).
f.  Paritas
Salah satu yang mempengaruhi anemia adalah jumlah anak dan jarak antara kelahiran yang pendek. Di Negara yang sedang berkembang terutama didaerah pedesaan, ibu-ibu yang berasal dari tingkat sosial ekonomi yang rendah dengan jumlah anak yang banyak dan jarak kehamilan pendek serta masih menyusui untuk waktu yang panjang tanpa memperhatikan gizi saat laktasi akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup anak dan sering menimbulkan anemia pada ibu hamil (Husaini, 1999).
Jumlah anak yang dilahirkan wanita selama hidupnya sangat mempengaruhi kesehatan. Kelahiran yang pertama disertai bahaya komplikasi yang agak tinggi atau  kematian ibu dan anak dibandingkan dengan kelahiran yang kedua atau ketiga, terutama karena kelahiran pertama menunjukan kelemahan-kelemahan fisik atau ketidak normalan keturunan ibu. Kelahiran kedua atau ketiga pada umumnya lebih aman dari pada kelahiran keempat, kematian ibu, bayi lahir mati dan angka kematian bayi meningkat. Angka kematian bayi dan anak semakin meningkat dengan kelahiran anak kelima dan setiap anak yang menyusul sesudahnya.
g.  Status  Gizi
Menurut Almatzsier (2001) status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan pengunaan zat-zat gizi, dibedakan menjadi status gizi buruk, kurang, baik dan  lebih atau keadaan tubuh akibat interaksi antara makanan, tubuh, manusia dan lingkungan hidup manusia. Salah satu masalah gizi pada ibu hamil yaitu Kekurangan Energi Kronik (KEK) adalah suatu keadaan pada wanita usia subur termasuk ibu hamil yang menderita kekurangan makanan yang berlangsung menahun (kronis), sehingga mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan (Sediaoetama,1999).
1)  Penilaian status gizi ibu hamil 
Penilaian status gizi ibu hamil dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung,  (Supariasa, 2001) meliputi  : 
a)  Penilaian status gizi secara langsung adalah dengan antropometri,
pemeriksaan fisik seperti gejala-gejala klinis biokimia dan biofisik  b)  Penilaian statusgizi secara tidak langsung yaitu penilaian status gizi secara tidak langsung dapat dibagi tiga, yaitu: survei konsumsi makanan, statistik vital dan faktor ekologi.
c)  Metode Antropometri yaitu metode penilaian status gizi yang
umum dipakai adalah pencatatan berat badan secara teratur selama kehamilan dan dibandingkan dengan berat badan sebelum hamil. Penambahan berat badan normal yaitu 12,5 kg sampai 17,5 kg (Anies, 1997). Pengukuran alternatif dengan pendekatan Lingkar Lengan Atas (LLA) lebih banyak digunakan untuk melihat status gizi ibu hamil (Kartini, 1996). 
2)  Cara pemantauan status gizi 
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui status gizi ibu hamil antara lain memantau pertambahan berat badan selama hamil, mengukur Lingkar Lengan Atas (LILA) untuk mengetahui apakah seseorang menderita Kurang Energi Kronis (KEK, dan mengukur kadar Hb untuk mengetahui kondisi ibu apakah menderita anemia gizi. Pertambahan berat badan selama hamil sekitar 10-12 kg, dimana pada trimester I  pertambahan kurang dari 1 kg, trimester II sekitar 3 kg, dan trimester III sekitar 6 kg. Pertambahan berat badan ini juga sekaligus bertujuan memantau pertumbuhan janin. LLA merupakan salah satu pengukuran antropometri untuk mengetahui faktor penentu apakah ibu hamil tersebut KEK dan memiliki risiko melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) atau normal. Pengukuran LLA dengan menggunakan pita LLA dengan ketelitian 0,1 cm dan ambang batas 23,5 cm. Bila pengukuran di bawah 23,5 cm artinya  ibu hamil tersebut menderita KEK dan jika diatas 23,5 cm berarti ibu hamil berstatus gizinya baik atau normal (Askandar, 1993). Penggunaan LLA sebagai indikator status gizi lebih mudah dipakai dibandingkan dengan metode antropometri lainnya sehingga untuk memprediksi hasil kehamilan, beberapa penelitian merekomendasikan LLA sebagai alat screening pada ibu hamil. LLA relatif stabil selama masa hamil sehingga pengukuran LLA dianjurkan satu kali pada saat pertama kali  diukur atau pada bulan pertama kehamilan (Husaini, 2000). Adapun ambang batas LLA WUS dengan risiko KEK di Indonesia dapat dilihat pada Tabel 1. Tabel 2.1 Klasifikasi Resiko KEK Menurut Pengukuran LLA WUS
 Nilai ambang batas LLA (cm)  KEK
< 23,5
> 23,5
Risiko
Tidak risiko
                         Sumber : Supariasa, 2001
 B.  Ibu Hamil 
1.  Pengertian 
Ibu hamil adalah salah satu kelompok didalam masyarakat yang paling mudah menderita gangguan kesehatan atau rawan kekurangan gizi, sehingga pada masa kehamilan ibu hamil, memerlukan unsur-unsur gizi lebih banyak dibandingkan dengan keadaan biasanya (Hall, 2000). Selama  kehamilan, ibu hamil akan mengalami proses fisiologis yaitu keadaan kesehatan fisik dan mental sebelum dan selama hamil berpengaruh terhadap keadaan janin dan waktu persalinan.
2.  Diagnosa Kehamilan Lamanya kehamilan mulai ovulasi sampai partus adalah kira-kira 280 hari (40 minggu) dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu). Dimana kehamilan 40 minggu disebut sebagai kehamilan matur (cukup bulan), bila kehamilan lebih dari 43 minggu disebut kehamilan postmatur, sedangkan kehamilan antara 28 dan 36 minggu disebut kehamilan prematur. Kehamilan yang ditinjau dari umur kehamilan dibagi dalam tiga bagian, yaitu kehamilan trimester I yaitu 0-12 minggu, trimester II adalah 12-28 minggu dan trimester III mulai  28 - 40 minggu (Wiknjosastro, 1999). 
3.  Tanda-tanda kehamilan
Menurut  Wiknjosastro (1999) menyebutkan bahwa tanda-tanda awal dari kehamilan yaitu sebagai berikut : 
a.  Siklus haid yang terhenti sementara atau siklus haid  yang tidak normal
 b.  Seringpening, mual, dan muntah
c.  Libido yang berubah
d.  Memiliki keinginan berbeda dari biasa (ngidam)
e.  Seringnya frekuensi buang air kecil
f.  Bertambah besarnya ukuran payudara, payudara mengencang dan puting susu mengeras yang terjadi setelah dua atau tiga minggu
g.  Kejang perut disertai bercak merah  diman bercak merah sebagai tanda bahwa embrio sedang menannamkan diri pada dinding rahim yang terjadi setelah  hari kedelapan hingga ke sepuluh sejak evolusi bulan berjalan  
h.  Areola (lingkaran sekitar puting payudara) berwarna lebih gelap 
i.  Lelah berlebihan dan mudah mengantuk
4.  Asupan Gizi Pada Ibu Hamil 
a.  Kebutuhan gizi ibu hamil 
Di Indonesia berdasarkan Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi VI tahun 2004 ditentukan angka 285  Kkal perhari selama kehamilan. Angka ini tentunya tidak termasuk  penambahan akibat perubahan temperatur ruangan, kegiatan fisik, dan pertumbuhan. Sama halnya dengan energi, kebutuhan wanita hamil akan protein juga meningkat bahkan mencapai 68% dari sebelum  hamil. Jumlah protein yang harus tersedia sampai akhir kehamilan  diperkirakan sebanyak 925 gr yang tertimbun dalam jaringan ibu, plasenta, serta janin (Depkes, 2002). Kehamilan menyebabkan meningkatnya metabolisme energi, karena itu kebutuhan energi dan zat gizi lainnya meningkat selama kehamilan.  Peningkatan energi dan zat gizi tersebut diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, pertambahan besarnya organ
kandungan, perubahan komposisi dan metabolisme tubuh ibu.  Kekurangan zat gizi tertentu yang  diperlukan pada saat hamil dapat menyebabkan janin tumbuh tidak sempurna (Zulhaida Lubis, 2003).  Kebutuhan energi untuk kehamilan yang normal perlu tambahan kira-kira 80.000 kalori selama masa kurang lebih 280 hari. Hal ini berarti perlu tambahan  ekstra sebanyak  kurang lebih 300 kalori setiap hari selama hamil. Energi yang tersembunyi dalam protein ditaksir sebanyak 5180 Kkal, dan lemak 36.337 Kkal. Agar energi ini bisa ditabung masih dibutuhkan tambahan energi sebanyak 26.244 Kkal, yang digunakan untuk mengubah energi yang terikat dalam makanan menjadi energi yang bisa dimetabolisme. Dengan demikian jumlah total energi yang harus tersedia selama kehamilan adalah 74.537 Kkal. Untuk memperoleh besaran energi per hari, hasil penjumlahan ini kemudian dibagi dengan angka 250 (perkiraaan lamanya kehamilan dalam hari) sehingga diperoleh angka 300 Kkal (Nasoetion, 1998).  
b.  Tahap-tahap kebutuhan gizi ibu hamil 
Terdapat beberapa tahap kebutuhan ibu hamil berdasarkan trimester yaitu :
1)  Trimester I : kebutuhan energi pada trimester I meningkat secara optimal, dimana ibu hamil sering mengalami morning sick, sehingga menyebabkan ibu memerlukan asupan yang bervariasi dengan frekuensi sedikit tapi sering. 
2)  Trimester II : kebutuhan energi terus meningkat sampai akhir
kehamilan.  Energi tambahan selama trimester II diperlukan untuk pemekaran jaringan ibu seperti penambahan volume darah, pertumbuhan uterus, dan payudara, serta penumpukan lemak.
3)  Trimester III : energi tambahan digunakan untuk pertumbuhan janin dan plasenta. Karena banyaknya perbedaan kebutuhan energi selama hamil, maka WHO menganjurkan jumlah tambahan sebesar 150 Kkal sehari pada trimester I menjadi 350 Kkal sehari (Moehji, 2003).
 c.  Asupan gizi selama kehamilan 
Kebutuhan ibu hamil selama kehamilannya antara lain sebagai berikut (Almatsier, 2001)
1)  Energi
Sebagai salah satu hasil metabolisme karbohidrat, protein, lemak, dimana kebutuhan energi selama ibu hamil adalah untuk membentuk atau membangun jaringan baru misalnya fetus, plasenta, uterus, cairan amniotic,  breast, peningkatan volume darah dan mensuplai jaringan baru. Sumber energi dari karbohidrat seperti beras, jagung, oeat, serealia, sumber protein (seperti daging, ikan, telur, susu), sumber lemak (sepertiminyak, buah berlemak, biji berlemak). Bahan pangan yang dijadikan sumber protein sebaiknya (2/3 bagian) pangan yang bernilai biologi tinggi, seperti daging tak berlemak, ikan, telur, susu dan hasil olahannya. Protein yang berasal dari tumbuhan (nilai biologinya rendah) cukup 1/3 bagian. Kenaikan volume darah selama kehamilan akan meningkatkan  kebutuhan zat besi (Fe). Jumlah Fe pada yang diperlukan ibu untuk mencegah anemia akibat meningkatnya volume darah adalah 500 mg (Zulhaida Lubis, 2003).
2)  Zat gizi mikro 
Selama kehamilan selain zat gizi makro yaitu energi dan protein, ibu juga membutuhkan tambahan zat gizi mikro seperti diuraikan berikut :
a)   Asam Folat
Kekurangan asam folat pada ibu hamil akan menyebabkan resiko terjadinya cacat tabung syaraf (Neural Tube Defects), berat bayi lahir rendah (BBLR) dan resiko bayi lahir prematur. Sumber pangan yang banyak mengandung asam folat seperti brokoli, jeruk, bayam, roti dan susu.  
b)  Vitamin A
Vitamin A dalam bentuk  retinoic acid mengatur pertumbuhan dan pembelahan sel dalam jaringan. Namun demikian ibu tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplementasi vitamin A selama hamil karena dosis tinggi vitamin A memberikan efek teratogenik (keracunan). Dengan mengkonsumsi buah-buahan, daging, unggas, ikan, telur, sayuran berdaun hijau, akar dan umbi-umbian sehari-hari, akan membantu ibu memenuhi kebutuhan vitaminnya setiap hari. 
c)    Kalsium
Kalsium dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang, gigi, jantung yang sehat, saraf dan otot. Kekurangan kalsium akan menyebabkan pertumbuhan tulang dan gigi jadi terhambat pada janin.  Sumber pangan yang banyak mengandung
kalsium seperti susu, ikan, biji-bijian sayuran hijau dan kacang-kacangan.
d)  Magnesium 
Magnesium merupakan zat gizi lainnya yang berperan dalam membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Kekurangan magnesium akan menyebabkan preeklamsia, bayi cacat dan kematian bayi. Sumber pangan yang banyak
mengandung magnesium seperti sayur-sayuran, sumber makanan laut, ikan tawar segar, kacang-kacangan daging. 
e)   Zat Besi 
Kekurangan zat besi akan  menghambat pembentukan hemoglobin yang berakibat pada terhambatnya pembentukan sel darah merah. Ibu hamil dan ibu menyusui merupakan kelompok yang beresiko tinggi terhadap anemia yang disebabkan olehkekurangan zat besi. Sumber pangan yang banyak mengandung zat besi adalah nabati kedelai, kacang-kacangan, sayuran daun hijau dan rumput laut. Kendala dalam mencukupi kebutuhan makanan yang bersumber zat besi (Fe) pada ibu hamil dipengaruhi oleh kebiasaan makanan ibu hamil, ketersediaan bahan makanan dan daya beli yang rendah.
f)     Iodium  Kekurangan iodium selama hamil akan berefek pada
keguguran, penyimpangan perkembangan otak janin, berat bayi lahir rendah dan kretinisme. Sumber pangan yang banyak mengandung iodium (seperti  ikan, kerang dan rumput laut).
 C.  Kerangka Teori
Faktor yang mempengaruhi anemi :
1  Umur
2  Pendidikan
3  Pekerjaan 
4  Pendapatan
5  Pengetahuan
6  Paritas
7  Status gizi
Anemia
Pada Ibu Hamil Trimester III 
1  Tidak anemia
2  Anemia ringan
3  Anemia  
Anemia 
Pada Ibu Hamil Trimester III 
 Status gizi ibu hamil
 E.  Variabel Penelitian 
1. Variabel Independen :  Status gizi ibu hamil
2.  Variabel Dependen :  Anemia pada ibu hamil trimester III
 F.  Hipotesis
Ha:  Ada hubungan status gizi dengan anemia pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora. F.  Hipotesis
Ha:  Ada hubungan status gizi dengan anemia pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora.











BAB III
METODE PENELITIAN


A.  Jenis Penelitian 
               Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dua variabel yaitu status gizi ibu hamil trimester III dengan anemia (Alimul, 2003). Rancangan pada penelitian ini mengunakan pendekatan  cross sectional (potong lintang) yaitu dengan melakukan pengukuran atau pengamatan dalam waktu sesaat atau bersamaan (Notoatmodjo, 2003). 
 B.  Populasi dan Sampel
1.  Populasi
Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya (Arikunto, 2002).
 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester III sebanyak 32 orang pada bulan Juli-Agustus 2009 di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora pada setiap keluarga  ada 16 orang.
2.  Sampel
Sampel adalah bagian dari populasi yang dipilih dengan metode sampling tertentu untuk bisa memenuhi  atau mewakili populasi (Nursalam, 2001). Penentuan sampel dengan sampel jenuh atau  total sampling dengan alasan jumlah sampel sedikit yaitu ibu hamil trimester III sebanyak 16 orang yang ada di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora pada tanggal 14 sampai 24 Desember 2009. Adapun kriteria sebagai berikut :
a.    Kriteria Inklusi
Kriteria inklusi adalah karakteristik umum yang harus dipenuhi oleh subyek sehingga dapat diikutsertakan ke dalam penelitian (Nursalam, 2003). Dalam penelitian ini kriteria inklusinya adalah :

1)  Ibu hamil trimester  III 
2)  Bersedia  menjadi responden
3)  Memeriksa ke Puskesmas
4)  Tidak terjadi gangguan kognitif
5)  Sehat jasmani dan rohani
b.  Kriteria Eksklusi
Kriteria eksklusi adalah hal-hal yang menyebabkan sampel yang memenuhi kriteria tidak diikutsertakan dalam penelitian (Nursalam, 2001). Dalam penelitian ini kriteria eksklusinya adalah:
1)  Ibu yang tidak berkenan menjadi responden. 
2)  Ibu mengalami  sakit pada saat penelitian dilakukan 
3)  Trimester I-II
4)  Terjadi gangguan kognitif
5)  Terjadi gangguan jasmani dan rohani C.  Definisi Operasional
 Variabel/sub
variabel
Definisi
Operasional 
Parameter   Hasil Ukur  Skala 
 1. Status gizi ibu hamil Kondisi yang mengambarkan status gizi dengan mengukur Lingkar Lengan Atas (LLA) Metode Observasi
(B) Diukur dengan dengan Pita Lingkar Lengan Atas (Midlinee)
Dengan kategori:
1.  Ibu hamil risiko
KEK (LLA<23,5 cm)  pada trimester III
2.  Ibu hamil non risiko KEK (LLA> 23,5 cm) Trimester III  Interval 
2. Anemia pada ibu hamil trimester III
 Jumlah kejadian anemia pada ibu hamil trimester III yang disebabkan yang diukur dengan dengan metode sahli Metode observasi
(C) berdasarkan hasil pencatatan pengukuran Hb  Dengan kategorikan (Manuaba, 2001) :
1.  Tidak anemia
 (Hb 11 gr%/>)
2. Anemia ringan 
( Hb 9-10 gr%) 
3. Anemia
( Hb < 9 gr%) 
 Interval 
 D.  Metode Pengumpulan Data 
1.  Instrumen 
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yaitu
suatu bentuk instrumen pengumpulan data yang fleksibel dan relatif mudah
untuk digunakan  (Azwar, 1998). Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kuesioner yaitu :
  Kuesioner A
Kuesioner ini untuk mengetahui karakteristik responden yang terdiri
dari : umur, alamat, pendidikan, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, status
gizi ibu hamil trimester III.
Metode observasi : diisi dengan melakukan pengukuran antara lain:
a)  Untuk mengetahui status gizi ibu hamil dengan melakukan
pengukuran LLA dengan mengunakan Midline merk Buterfly dengan
klasifikasi : 
1)  Ibu hamil risiko KEK (LLA<23,5 cm) 
2)  Ibu hamil non risiko KEK (LLA> 23,5 cm)
b)  Untuk mengetahui anemia pada ibu hamil trimester III berdasarkan
hasil pencatatan Hb yang digolongkan yaitu : 
a)  Hb 11 gr%    :  tidak anemia
b)  Hb 9-10 gr%  :  anemia ringan
c)  Hb < 9 gr%   :  anemia 
2.  Cara pengumpulan data
Pengumpulan data dilakukan dengan  cara yaitu meminta ijin kepada Universitas dan Kesbanglimas sebagai rekomendasi dengan tujuan untuk melaksanakan studi pendahuluan atau  survey guna mencari permasalahan sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui status gizi ibu hamil berdasarkan hasil LLA pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Mendenrejo Kabupaten Blora yang kemudian mengadakan pendekatan kepada responden, memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud dan tujuan kepada responden jika responden setuju maka mempersilahkan untuk membaca lembar persetujuan kemudian tanda tangan.  Untuk mengetahui status gizi ibu  hamil diperoleh berdasarkan hasil LLA dimana peneliti akan melakukan pengukuran dengan mengunakan midline, dengan klasifikasi jika ibu hamil risiko KEK (LLA<23,5 cm) dan ibu hamil risiko non KEK (LLA> 23,5 cm).  Untuk mengetahui status anemia  pada ibu hamil peneliti melakukan pengukuran dengan bantuan tenaga kesehatan terkait yaitu untuk mengukur kadar Hb dengan mengunakan metode sachli. Metode sachli digunakan untuk mengetahui kadar Hb pada ibu hamil. Selain itu penulis mencantumkan status dokter, hasil laboratorium.  Peneliti memberikan penjelasan kepada responden dan diminta untuk memilih jawaban sesuai point yang ada. Setelah setuju pengumpulan data akan dilakukan dengan wawancara langsung dengan responden dengan kuesioner. 
 E.  Metode Pengolahan Data dan Analisa Data
1.  Prosedur pengolahan data
Menurut Arikunto (2002) pengolahan data dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut :
a.      Editing
b.      Editing adalah pengecekan jumlah kuesioner, kelengkapan data, di antaranya kelengkapan identitas, lembar kuesioner dan kelengkapan data lembar observasi  sehingga apabila terdapat ketidaksesuaian dapat dilengkapi segera oleh peneliti.
b.  Coding
Coding adalah melakukan pemberian kode berupa angka untuk memudahkan pengolahan data.
c.    Entry
Entri adalah memasukkan data yang di peroleh menggunakan fasilitas computer dengan mengunakan sistem  atau program SPSS for windows SPSS for windows versi 12.0
d.   Cleaning 
Membuang data atau pembersihan data yang sudah tidak dipakai dengan cara dibakar.
2.  Analisis Data
a.   Analisis  Univariat 
Penelitian melakukan analisis univariat yaitu untuk mengestimasi parameter populasi dengan tujuan mendeskripsikan masing-masing variabel penelitian yaitu karakteristik responden, variabel status gizi dan anemia pada ibu hamil trimester III, dimana data dalam bentuk kategorik dengan ukuran distribusi frekuensi. 
  b.  Analisis Bivariat
Analisis  bivariat  berfungsi  untuk  mengetahui hubungan antara variabel independen (status gizi)   dengan dependen (anemia). Untuk menguji kepastian sebaran data yang diperoleh, peneliti menggunakan uji kenormalan data dengan uji  Kolmogorof  Smirnov, dengan hasil normal maka mengunakan uji korelasi Pearson. Pengujian menggunakan tingkat kepercayaan 95% dengan menggunakan program komputer SPSS  Versi  11,0  (Notoatmodjo, 2002).
 F.  Etika Penelitian
Menurut Nursalam (2003), dalam melakukan penelitian, peneliti harus
memperhatikan masalah etika penelitian yaitu :
1.  Lembar persetujuan diberikan kepada responden.
Tujuannya adalah supaya subyek mengetahui maksud dan tujuan penelitian serta dampak yang diteliti selama pengumpulan data. Jika subyek bersedia diteliti maka harus menandatangani lembar persetujuan. Jika subyek menolak untuk diteliti maka peneliti tidak memaksa dan menghormati responden.
2.  Anonimity
Untuk menjaga kerahasian identitas subyek, peneliti tidak akan mencantumkan nama subyek pada lembar pengumpulan  data (kuesioner) yang diisi oleh subyek. 
 3.  Confidentiality
Kerahasian informasi yang diberikan oleh subyek dijamin oleh peneliti.

G.   Jadwal Penelitian
 Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2009.

0 comments :

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. PRUDENTIAL SEMARANG - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz